[MOVIE] Si Doel the Movie 2 – Cinta Itu Masih Tetap Ada *spoiler alert*

Akhirnya Si Doel The Movie 2 turun juga di bioskop. Sayang sekali pas baru turun gitu gw lagi naek kapal pesiar hahaha jadi kaga bisa nonton di hari pertama deh. Padahal gw penasaran banget mo tau lanjutan ceritanya kan. Akhirnya begitu pulang ke Jakarta, langsung susun jadwal deh, soalnya udah banyak pelem indo yang maen di bioskop sebelah apartemen. Pas banget deh semalem masi ada jadwal di sana dan hubby juga udah bilang mo nonton semalem. So paginya langsung beli tiket via m-tix deh. Yuk nonton.

Film diawali dengan adegan Atun (Suti Karno) lagi nerima foto via WA dari Bang Mandra (Mandra). Kaget lah Atun. Wahai penonton foto apakah itu? Nonton aja, ntar juga tau. Dari situ film bergulir ke adegan2 akhir SDTM1 saat perpisahan Doel (Rano Karno) dengan Sarah (Cornelia Agatha) dan Dul (Rey Bong), anak mereka berdua yang baru saja dipertemukan. Doel dan Mandra pun balik ke Jakarta. Balik ke kehidupan sehari2 mereka. Balik ke Zaenab, Atun dan MakNyak (Aminah Cendrakasih).

Selesai sampai di situ? Jelas tidak! Zaenab sebagai istri (walau hanya dinikahin siri), punya instink bak detektif Sherlock Holmes terhadap Doel. Iyelah, cintanya ber-tahun2 gitu, pasti udah apal bener sama ekspresi muka Doel yang lagi gundah gulana. Tapi akhirnya apa yang dilakukan Doel sungguh gw amat sangat setuju. Walau sakit, tapi Doel harus jujur terhadap Zaenab. Yes, I met my wife and my son. Kebayang gak serpihan2 hati Zaenab yang jatuh ke tanah? Tapi Zaenab emang malaikat. Walau hatinya hancur, tapi dia tetap tegar. Cuma, justru ketegarannya yang bikin gw malah netesin air mata. Berasa aja gitu kalo gw jadi Zaenab. Udah disayang2 belasan taon di Jakarta, eh sampe Belanda malah jadi ketemuan sama istri dan anak sah. Pedih.

Trus gimana? Lanjut gak nih? Well, gw sarankan ditonton deh. Kalo gw ceritain semua, ntar lo pada gak nonton malah ikutan nangis di sini. Kali ini lebih banyak adegan di rumah Si Doel. Seperti di sinetronnya, pertengkaran Atun dan Mandra masi sama serunya. Ngakak deh liat ekspresi Mandra yang sok bijak tapi gagal total. Kali ini memang lebih banyak porsi mereka dibanding film pertamanya. Keribetan Atun jaga warung, omelan2 Mandra kalo disuruh ngapa2in, bahkan MakNyak juga punya peran cukup banyak dalam memberi nasehat bijaknya. Gw masi inget tuh pesan MakNyak ke Doel, “Walau agama ngebolehin, tapi Mak gak setuju kamu poligami!” Uhuy top markotop. Sarah gak terlalu banyak perannya, tapi gw kurang dapet feelnya kalo Sarah lagi sedih. Ketutup sama make-up kayanya. Oya, ada Munaroh (Maryati Tohir) muncul juga. Inget kan Munaroh? Mantan gebetan Mandra yang sudah menikah, makin cantik dan keliatannya tajir hahaha. Bahkan anaknya Atun juga lebih sering nongol. Peran Hans (Adam Jagwani) muncul juga di 1-2 adegan di Belanda. Tapi tokoh yang paling sering muncul tak lain dan tak bukan adalah Zaenab.

Yes, kalo di SDTM1 kita disuguhkan kegalauan Doel, kali ini kegelisahan Zaenab jadi poin utama film ini. Zaenab gelisah apakah Doel akan tetap bersamanya, atau memilih balik ke Sarah dan anaknya. Gelisahnya cuma 1 sih emang, tapi gak brenti2 bikin susah hati. Apalagi setiap ditanya Doel selalu jawab, “Gak ada apa2. Gak mikir apa2. Gak ada rencana apa2.” Makin gemes kan. Banyak skenario berputar di kepala Zaenab. Dia merasa dia yang harus mengalah. Zaenab sadar kalo Doel dan Sarah masih saling mencintai. Apalagi dengan adanya Dul kecil di antara mereka. Zaenab pun kepikir kalo dia harus bicara sama Sarah dari hati ke hati. Kira2 apa yang bakal mereka omongin? Hayoooo..

Well, film ini mengajarkan pada kita bahwa cinta apa adanya itu emang paling penting. Walau pada akhirnya justru itu yang bikin hati mereka kembali galau, tapi minimal Doel tau resikonya mencintai 2 wanita pada saat yang sama. Minimal Zaenab menyadari bahwa Doel masih kepunyaan Sarah. Minimal Sarah sudah berusaha melepaskan Doel demi Zaenab. Tapi apa daya cinta itu masih tetap ada.

Semoga berkenan.

Advertisements
%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star