[MOVIE] Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga *spoiler alert*

Begitu gw tau bakal ada spin-off dari AADC dengan judul Milly & Mamet, semangat banget gw nungguin filmnya nongol. Siapa yang gak kenal Milly dan Mamet? Hmm coba nonton deh AADC 1 dan AADC 2. Ntar jadi kenal siapa mereka. Kemaren itu gw beli promo BOGO mereka di tix-id, lumayan masi dapet kursi, tapi bukan kursi favorit. Telat belinya huhuhu. Tapi masi untung lah dapet paling belakang. Gw paling males duduk di depan orang, suka ditendangin bangku gw. Heran, mereka nonton pake mata apa pake kaki sih? Jadi inget iklan XXI belakangan ini featuring Milly, Mamet, Sakti dan Yongky. Lucu banget. Tapi sayangnya bener semua. Dari yang ngerekam film, angkat2 kaki, ngobrol berisik sampe maen hape bikin silau. Dan mereka bikin iklannya dengan sangat menarik. Gemash deh. Semoga aja yg liat jadi bisa sadar diri ya. Trus gimana filmnya? Yuk terus baca sampe bawah. Oya, film ini diproduseri oleh Mira Lesmana, dengan sutradara Ernest Prakasa.

Film diawali dengan curhatan Mamet (Dennis Adishwara) tentang keinginannya menjadi orang yang berhasil. Ya siapa juga yang mau jadi orang gagal kan. Diawali dengan pertemuan Mamet dengan Milly (Sissy Prescillia), Cinta (Dian Sastrowardoyo), Karmen (Adinia Wirasti) dan Maura (Titi Kamal) di acara reuni 10 tahun mereka di tahun 2013. Milly datang dengan pacarnya, Rama (Surya Saputra). Tapi kejadian mobil mogok akhirnya bikin mereka jadian. Bahkan sampai menikah dan punya 1 anak laki2 bernama Sakti. Dan Mamet pun sudah bekerja jadi Kepala Cabang di pabrik bapak mertuanya, Pak Sony (Roy Marten) yang penuh tuntutan. Selesai sampai di situ ceritanya? Ya nggak lah. Justru di situ baru dimulai semuanya.

Mamet punya ambisi jadi Chef. Makanya gw bisa mengerti kenapa Mamet gak hepi jadi Kepala Cabang pabrik konfeksi. Ya gak semua orang butuh titel. Masi banyak yang pingin ngejalanin passion-nya. Cuma kalo gw sih jadi Mamet, mungkin hepi kerja di pabrik. Anak buahnya gk ada yg beres hahaha. Ada Yongky (Ernest Prakasa) preman keturunan Chinese yang suka lupa tata krama. Ada Lela (Dinda Kanyadewi) yang aneh. Ada Iin (Aci Resti) dan Somat (Bintang Emon) yang berantem mulu kerjanya. Ngakak mulu lah liat mereka. Saat Mamet memutuskan untuk jadi Chef, semua bisa terjadi atas usaha Alex (Julie Estelle) dan pacarnya yang tajir abis, James (Yoshi Sudarso). Selesai sampai di situ ceritanya? Ya nggak lah. Dejavu ya! LOL.

Seperti biasaaaa, gak bakal spoiler banyak2. Cuma mo komentar tentang akting2 mereka sih. Dennis emang udah nempel deh Mamet-nya dari awal nonton AADC. Cowo tampang bloon yang emang gak ganteng hahaha. Kalo ngomongin Sissy, udah pasti yang nyangkut itu ya Milly, temennya Cinta yang lemot dari dulu. Ternyata setelah nikah dan punya anak pun, masi suka lemot hihihi. Mereka berdua emang punya karakter yang masi sama, tapi seiring waktu, setelah menikah dan punya anak, prioritas berubah, karakter pun dituntut untuk semakin dewasa. Semakin ada keharusan untuk memutuskan jalan hidup. Untung mereka dikelilingin sama Ernest yang selalu gokil kalo akting. Gila sih! Dia akting aja jago, eh bikin film lebih jago lagi. Salut!!! Pas liat ada Dinda main, gw langsung semangat! “Beb! Ada Dinda!!!” fans berat nih ceritanya. Alami abis kalo Dinda akting. Tapi harus akting bloon2 yang gw demen hahaha.. Julie Estelle gak terlalu menonjol karena karakternya emang cuma sebagai partner Mamet. Ya kalo dia lebih menonjol dari Mamet judulnya jadi Milly & Alex donk ah! Yoshi Sudarso kayanya pendatang baru di film Indonesia, aktingnya yaaaaaa.. bole lah, jadi cowo tajir yang reseh. Oya untuk Cinta, Karmen dan Maura, emang gak banyak perannya, jadi ya gak bakal gw bahas juga.

Tapi yang gak disangka2, ada Eva Celia dan Isyana Sarasvati yang cukup mencuri perhatian gw. Eva berperan jadi Jojo, tetangga sebelah yang kadang suka nongol nemenin Milly. Terhibur gw dengan aktingnya. Mana cakep banget di situuuu hih!! Isyana perannya jadi Rika, sekretaris James yang super gila. Asli! Gw kaga kenalin dia pas nonton. LOL. Norak abis kan gw. Tapi setiap kali dia nongol, selalu bikin ketawa. Gilanya natural! OMG! Ditambah dengan karakter Sari (Arafah Rianti), Bi Sum (Tike Priatnakusumah), Robi (Ardit Erwandha) dan Mamah Itje (Melly Goeslaw), film ini jadi makin lucu, tapi lucu yang gak norak gak lebay. Demen dah!

Yes, ini emang bukan film Cinta dan Rangga. Bukan tentang pasangan romantis2 melow2 gitu. Ini beneran kisah Milly dan Mamet. Sepasang suami istri kocak yang punya kesibukan masing2, punya impian masing2, punya cara masing2. Ada 2 manusia, saat menikah bukan berarti harus semua sama. Suami dan istri punya perasaan berbeda. Tapi bukan berarti gak bisa disatukan. Ada yang namanya: mengalah. Eits bukan berarti 1 orang harus mengalah terus ya. Ada yang namanya: kompromi. Masalah emang selalu bikin lelah. Tinggal gimana kita mencari solusinya. Film ini mengajarkan kita bahwa bahagia itu bisa datang dari mana aja. Gak melulu dari titel di dalam pekerjaan. Gak melulu dari digit angka di rekening bank. Gak melulu dari obsesi yang berlebihan. Bahagia itu datang dari hati yang baik dan penuh rasa syukur. Seperti kata Milly: “Kalo orang2 cari suami yang ganteng, aku mah cari yang baik.”

Semoga berkenan.

Advertisements