Mudahnya Bikin Visa Turis ke Korea – Single Visa

Ketagihan jalan2, akhirnya di bulan Mei, gw and hubby beli tiket ke Korea. Dan nekad banget karena belinya buat pergi di bulan Desember. Iyak, pas winter. Tapi awal Desember sih, jadi sebetulnya antara berharap dan gak berharap deh. Berharap ketemu salju tapi takut gak tahan dingin. Trus ponakan gw blg kalo di Korea itu winternya Januari. Yaaaaah salah beli. Agak sedih, takut gak sempet ktemu salju. Cuma yawdah pasrah deh ya. Udah kebeli tiketnya. Berangkat dari Soetta Terminal 3, turun di Incheon Terminal 1 (Seoul). Pas baliknya berubah. Berangkat dari Incheon Terminal 2 (Seoul), turun di Soetta Terminal 3. Anyway, hooraaaaaay!

Bikin visa Korea ini, dapet info kalo susah dapetnya. Jadi beritanya itu, approval bisa sebulanan. Wah panik donk gw. Gw suruh lah hubby yang cari2 info lah ke mana2. Kalo kemaren bikin visa Jepang cukup ke VFS di Ciputra World Lotte Shopping Avenue lantai 4, nah visa Korea harus di kedubesnya. Cuma asiknya, gw kaga usah ngikut ke sana. Hubby yang bikin jadwal hari  Rabu tgl 17 Oktober buat ngajuin visanya. Gw terima beres aja hehehe.

Skr gw mo info syarat2nya ya. Gak sulit kok.

1. Proses
Kalo baca di website, katanya sih minimal 6 hari kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen. Bisa lebih  kalo dokumen ada yang ketinggalan atau butuh interview. Makanya pastikan semua dokumen beres.

2. Paspor
Jangan lupa paspor dibawa, minimal masi berlaku 6 bulan ya. Jangan sampe kelupaan perpanjang paspor ya. Fotokopi paspor juga dibawa, bagian halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang pernah disamperin.

3. Pas Photo
Foto 3.5cm x 4.5cm berwarna dan terbaru dengan background putih. Foto cukup 1 lembar saja. Kebetulan kemaren pas foto di studio utk visa ke Jepang, sekalian dikasih buat visa ke Korea juga. Jadi gampang deh tinggal bawa. 80 rb dpt 12 foto di Adorama. Padahal waktu itu gak ada rencana ke Korea hahahaha. Mungkin suatu pertanda.

4. Form Visa
Form untuk Visa bisa diunduh secara online di sini. Tinggal ketik trus print. Jangan lupa dilengkapi semua ya yang harus diisi. Jangan sampe ada yang ketinggalan.

5. Dokumen

  • Dokumen persyaratan visa jangan distaples ya. Harus dalam kondisi rapi pokoknya.
  • Semua dokumen aplikasi visa harus difotokopi di kertas A4. Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi visa kunjungan wisata bisa diunduh di sini. Kurang lebih yang mereka minta itu: surat keterangan kerja, rekening koran, fotokopi KK, surat undangan kalau ada.
  • Foto langsung ditempel di form pengajuan visa.

Kali ini kita apply Single Visa karena emang gak rencana ke sana berkali2 sih. Tapi sekarang nyesel kenapa gak multiply visa karena ternyata Korea sama menyenangkannya dengan Jepang hahaha. Yawdah kalo mo ke sana lagi, ntar bikin lagi dah. LOL.

Total biaya 544k per orang dibayar saat pengajuan visa. Sama seperti pengajuan visa2 yg lain, setelah membayar, nanti diberikan semacam slip sebagai tanda buktinya. Pengambilan paspor juga bole diwakilkan. Kebetulan kan gw emang hampir tiap hari ke sebelahnya jagain adek gw yg lagi opname di RS Medistra. 6 hr kemudian, ngecek website en tadaaaaaaaa visa approved!! Yaaaaay!!! Terbang!!!

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950
Phone: +62-21-2967-2555 ; 62-811-852-446 (emergency)
Website: http://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do
Jam Kerja:
Pengajuan Aplikasi Visa: 09:00 – 11:30
Pengambilan Visa: 13:30 – 16:30

Advertisements