[MOVIE] Sesuai Aplikasi – Kisah Kehidupan Driver Ojol *spoiler alert*

Udah cukup lama sejak gw terakhir nonton bareng di Gala Premiere film Indonesia. Makanya begitu dapet invitation buat nonton Sesuai Aplikasi, girang banget deh. Kebetulan kenal sama salah satu produsernya *thank you so much Hendro for the tickets* gw pegang 5 tiket di tangan. Ngajak Aline dan suami, tapi sayang sekali suaminya gak bisa ikutan. Masi ada 1 tiket di tangan, akhirnya ajang jumpa fans *pede banget dah* dengan salah satu followers IG gw terlaksana juga semalam. Thanks Fenny (@volarevia123) udah nyempetin mampir, ngobrol2 kocak ngakak2 gak brenti. Sayang banget pas nuker tiket baru ketauan kalo filmnya mulai jam 21:15. Terpaksa gak jadi nobar rame2 karena lokasi rumah mereka yang cukup jauh membuat mereka gak berani pulang terlalu malam. Maklum ciwik2 kan. Oke gapapa, tapi nanti pas filmnya udah turun, nonton ya *awas kalo gak nonton!! HAHAHA*. Oiya, gw nunggu hubby en temen2 itu di salah satu resto deket XXI kan. Beruntung banget deh, karena ternyata para pemainnya nongkrongnya di situ. Jadi gw bahagia banget bisa foto bareng dengan 2 artis paporit di situ. Hore! Oya film ini disutradari oleh Adink Liwutang dengan produser Hendro Djasmoro dan Ronny Irawan. Jangan lupa ditonton 6 Desember 2018 di bioskop2 kesayangan.

Film dimulai dengan narasi dari Duras (Lolox), seorang driver ojol GonCeng, menceritakan kehidupannya sehari2 tinggal berdua dengan adiknya, Monik (Meisya Amira) yang lagi kuliah kedokteran. Duras punya sohib kental sebelah rumah, driver ojol juga, tapi mukanya ganteng, jadi relasi dengan pelanggan ojeknya lebih baik daripada Duras. LOL. Namanya Pras (Valentino Peter). Pras tinggal dengan ibunya, Bu Sum (Alicia Djohar) yang pinter bikin jamu tapi sayangnya sering kambuh sakit2an. Dengan bergulirnya waktu, film pun mulai memperkenalkan para pemain2nya satu persatu. Ada Alia (Kama Sean), pacar Pras yang cemburuan. Lalu Koh Sakti (Ernest Prakasa) pemilik Warung Nasgitel (Panas Legi Kentel). Terus ada Sofiyah (Titi Kamal), penyanyi dangdut yang selalu ditemenin sama asisten pribadinya Beben *BEBENITA* (Arief Didu). Gak ketinggalan Ci Asiu (Dayu Wijanto), pemilik Naga Kredit a.k.a. rentenir yang punya 2 tukang pukul, Romi (Fico Fachriza) & Juli (Yusril Fahriza), dan seorang pembantu, Sandra (Taskya Namya). Bahkan Euis (Ovy Sovianty) pun muncul menyemarakkan dunia lari pagi hihi. Masih banyak pemain lain yang muncul sebagai cameo, tapi cukup mencuri perhatian, sebut saja Gibran Rakabuming, Asri Welas, Babe Cabiita, Zarry Hendrik, Muzakki Ramdhan, dan lain sebagainya.

Seperti biasa, gak ada sinopsis panjang lebar, bisa dibaca di web lain yang bertebaran kalo pas googling. Inti cerita sebetulnya sederhana. Driver ojol banyak utang minjem duit dari rentenir buat kuliah adiknya. Segala cara dilakukan supaya bisa sekolahin adiknya sampe jadi dokter, karena sudah janji sama ayahnya. Driver ojol satunya juga butuh banyak biaya untuk operasi penyakit ibunya. Gimana caranya supaya mereka bisa mewujudkan tujuan masing2, gitu. Udah sih intinya gitu aja. Tapi karena akting para pemerannya yahud, jadilah ini film komedi yang cakep banget buat ditonton bagi kalian yang butuh hiburan. Namanya juga film komedi, kalo gak menghibur ya mending jadi film komewek. LOL.

Di film ini yang paling bikin ketawa gak lain gak bukan adalah: Titi Kamal! Gw udah pernah bilang kan di salah satu review film gw *yang cuma sedikit itu* kalo Titi Kamal ternyata aktingnya bagus banget. Sebagai seorang diva dangdut, noraknya itu loh yang bikin ngakak. Gaya ngomongnya di film itu bakal jadi gaya ngomong gw seminggu ini hahahaha. Oya, Titi juga nyanyiin OST dari film ini ya, judulnya Rindu Semalam. Dipasang seharian kayanya di bioskop kemaren. Lagunya enak, terngiang2, sampe gw apal dan nyanyiin itu terus sepanjang malam hahaha.. Gw gak pernah nonton akting Valentino Peter, tapi gw suka sama aktingnya di film ini. Cocok banget jadi driver ojol yang ganteng, gak genit, sayang orang tua, dan setia sama pacar. Lolox pun baru pernah denger, tapi aktingnya bagus, menjiwai banget. Ernest Prakasa gak terlalu banyak akting kocaknya, lebih ke akting serius karena ternyata dia adalah otak dari kejahatan di film ini. Bukan! Bukan Ci Asiu ternyata! Hahaha. Aduh, Dayu Wijanto jempol dah. Peran apa pun bagus kalo cici itu yang main. Sembah sujud! Aku seneng bisa kenalan kemarin yaowoh!! Yusril Fahriza? Udah bikin deg2an sejak pertama liat doi di salah satu film komedi. LOL. Kemaren kenalan juga! *penting* Karakter lain yang mencuri perhatian gw adalah *jeng jeng jeng* Arief Didu! Kebayang gak sih, bapak2 ngondek? Alamak! Suka banget gw liatnya. Ekspresi mukanya itu loh yang bikin gak brenti2 ngetawain doi. Anyway, semua pemainnya bagus! Natural! Cameo Asri Welas sebagai Bu Rini aja nempel di hati loh. Asli, ini gak sesuai dengan harapan gw! Gw tadinya kirain ini film komedi konyol biasa yang kalo pas keluar bioskop bakal, “Ooo iya.. lucu.. ya gitu deh..” Tapi pas gw keluar kemaren, jadinya malah, “OMG! Gila lucu banget! Kayanya gw ngakak paling kenceng 1 bioskop. HAHAHAHA!”

Film ini sederhana aja. Tentang kehidupan sehari2 manusia dengan segala masalahnya.. Dikasi judul Sesuai Aplikasi karena karakter utamanya adalah driver ojol, dan kata2 itu biasa keluar saat kita memesan via aplikasinya. Ya disambung2in sendiri aja kenapa judulnya itu. Well, film ini sebetulnya ngebuka mata kita bahwa yang keliatan bagus di luar itu, belon tentu bagus di dalam. Ci Asiu keliatan keren punya banyak uang, tapi ternyata ada kekecewaan dalam hidupnya. Pras punya muka bule ganteng *pasti seneng deh punya banyak fans*, tapi hatinya pilu karena ibunya sakit2an dan butuh biaya besar. Duras yang keliatannya punya duit banyak buat biaya kuliah adiknya, tapi ternyata utangnya juga banyak. Dan semua terbungkus sepaket di dalam film komedi ini. Film yang mengajarkan bahwa selalu ada jalan keluar di setiap masalah. Selalu ada bantuan di setiap kebutuhan. Selalu ada kebaikan di setiap kesulitan. Selalu ada driver ojol di setiap pengkolan.

Semoga berkenan.

Advertisements