[CHINA] Day 3: Hua’an County – Mom’s Village

Hari ketiga gw lewati di Hua’an County, tepatnya di Xiandu, sebuah desa kecil yg skr penuh dengan orang2 bekerja di perkebunan teh. Sepupu gw tinggal di sana bersama keluarganya. Gw baru pertama kali ketemu sama anak2, menantu2 dan cucu2nya sepupu gw. Lucu juga liat mereka. Masak di dapur aja pakaiannya keren banget bo. Hak tinggi, pake stoking. Lah gw, dasteran??? *gubrak* Oya, perjalanan ke sana sekitar 2 jam, lumayan pegel. Jadi sepupu gw, Koko CL, pagi2 berangkat dr Xiandu, jemput pake volvo ke Zhangzhou. Kita ber-5 deh ke sana. Gw, nyokap, tante3, tante2 sama koko CL yg nyetir. Oya, selama di Zhangzhou 2 hr kemaren gw tinggalnya di rmh tante nomor 3 (tante3).

Sampe di Xiandu, gw menghirup aroma teh di mana2, bikin gw serasa tinggal di dalam poci teh *perumpamaan maksa* 😀 Tapi beneran, kt nyokap dulu mereka bercocok tanam padi, tp belakangan mereka pindah haluan ke perkebunan teh. Di setiap rumah ada mesin2 tempat teh diolah, entah gimana caranya. Menyesal juga gw kaga liatin waktu keponakan gw itu berkarya di rumahnya. Abis gak enak juga, ada 3 cowo yg bantuin dia, en ada yg ganteeeeeeeeng. Tau sendiri gw kalo udah deket cowo ganteng, bawaannya mo nyemil aje.. Hahahaha..

619abd70-87bb-4d43-af2c-0afa335d7a96wallpaper

Sambil mereka masak utk makan siang, gw rame2 belanja ke toko deket situ. Gak deket2 banget sih, jalan kaki juga bbrp menit, tp lumayan jd liat pemandangan di sana. Di toko beli mangga. Gw demen neh ama mangganya. Gampang banget makannya. Dikupas kaya makan pisang hahahaha.. Jadi gak perlu pake pisau2an gitu deh. Rasanya gak sampe manis2 banget, tp mayan bikin seger lah kalo haus. Airnya banyak.

a9d84c56-e6a4-4135-9a87-16cbb4911ab2wallpaper

Abis itu balik trus saatnya lunch. Well, this is the first time gw makan musang alias rase alias fox. Rasanya enak ternyata. Gw awalnya ragu2, makan apa jangan ya, tp drpd penasaran makan aja deh. En, enak loh. Seperti ayam. Gurih.

pic 125 pic 124

Trus setelah istirahat sejenak, kita lanjut acara sembahyang leluhur deh. Waktu sembahyang itu gw gak ikutan krn gw kan gak ngarti. Jadinya gw sama nyokap cuma duduk2 aja di depan viharanya. Trus gw dikagetkan oleh suara petasan. Ya ampun ternyata mereka tradisinya kaya gitu. Tiap abis sembahyang, pasti pasang petasan, jadi kaya tanda aja, gw abis sembahyang neh, gitu 😀

e559b7ee-8f31-4f96-a0bd-e34078a29795wallpaper

Abis dr sembahyang itu kita mampir deh ke Hua’an Tulou. Ini adalah rumah yg terbuat dr tanah. Rumah ini adalah rumah tradisional di area Hua’an, hanya ada di sini aja. Ini rumah leluhur gw. Jadi masi ada tante angkat gw yg tinggal dan ngurusin rumah ini.

749c3cb4-094b-4f0c-a348-e8d8a8271881wallpaper

Setelah ngobrol2 sejenak, gw en rombongan berangkat ke Dadi Tulou Cluster. Ini merupakan tempat wisata terkenal di Hua’an. Bertempat di Dadi Village, rumah berbentuk melingkar ini dulunya dihuni oleh beberapa keluarga. Skr sih udah gak ada keluarga lg yg tinggal. 2 sumur di tengah2 juga udah ditutup. Trus banyak yg jualan di dalam lingkaran itu. Gw beli kipas ¥ 10 buat mertua hahahaha.. Oya ada aturannya tuh, gak bole kasi orang laen kipas, kecuali tinggal serumah. Jadi kemaren pake duit nyokap dulu kan, gw kudu gantiin tuh. Gak bole sampe nyokap yg beliin gw. Okesip, pulang dr sana, lgs gw gantiin duit nyokap..

d23e99f7-c0bb-40cf-a42a-751c18eb63f4wallpaper f0f921c5-44d0-4a97-85fb-4a58cfbfb97awallpaper

Abis dr situ, kita langsung ke vihara punya koko CL. Keren yak, punya vihara sendiri. Ko CL itu bahkan punya truk sendiri dan 2 mobil utk ke mana2. Masi banyak lg yg bakal gw ceritain di hari ke-4 nanti.

467c74b5-0bd6-4659-9994-96e57e1a405dwallpaper

Jam 5an gitu kita mampir ke rumah besan koko CL. Anak perempuannya tapi lagi gak di Hua’an, tinggal jauh di area atas kayanya. Di sana kita makan malam karena waktu anak2nya pd married, kita gak bisa dateng. Asyik neh malam itu makan sapi lada hitam, lobster raksasa dan ikan raja. Enak2 semuanyaaaaaa.. Kenapa disebut ikan raja? Jadi ikannya nih unik banget krn cuma sebelah aja. Jadi waktu jaman dulu, ikan ini dikasi ke raja utk dimakan, sampe abis sebelah. Nah trus sama raja dilepas lg ke laut, disuruh beranak pinak, biar makin banyak. Jadilah itu ikan cuma sebelah. Hihihi.

efd98b36-444f-46d0-85af-8cca0bfe0a56wallpaper

Malamnya gw tidur sama nyokap di kamar yg gak ada AC. en pas banget malam itu panasnya ngaujubileeeeeeeeeeh.. Jadi, terpaksa deh gw tidur sambil ngipassssssssssss..

to be continued..

Advertisements